SURI, Mothology dan Atur Ketinggian


Pilih yang terbaik, ambil peralatan, siapkan kertas, buat yang paling sempurna, lalu hisap sampai menembus negrijuana*. Hajar terus sampai menembus lautan awan yang menghadang. Rasakan harmonisasi dari setiap nada yang terdengar janggal. Ikuti saja apa yang terdengar ditelinga kalian. Yeah. Segan.

Saya merasakan euforia yang berbeda saat ini. Entah apa namanya saya tidak bisa mendeskripsikannya dengan kata-kata normal. Benar-benar barang bagus. Jika di dunia herbal, ini adalah bunganya yang membuat saya harus mengatur ketinggian.

Mothology. Sekarang nama ini sudah masuk dan menempel di dalam memori otak saya sampai tua nanti. Ini adalah album ‘tertinggi’ yang pernah saya dengar setelah The Doors. Kenapa ? The Doors membuat saya berhalusinasi tingkat tinggi dengan balutan lirik Jim Morrisson yang penuh semiotik semantik. Maaf, jika saya terlalu berlebihan menggambarkan album ini, tapi inilah yang terjadi.

Kali ini, Suri memang benar-benar memaksa saya menikmati nuansa ‘atur ketinggian’. Semua yang saya tulis diatas memang sudah saya lakukan dan hasilnya, “pecah wak !!” Kalau berbicara dari sisi selera, saya akui selera mereka ini sangatlah ‘tinggi’ haha. 

Saya akan membahas album ini dari kacamata saya, yang sangat sok tau tentang musik. Haha. Dan jika ingin koreksi atau memberi masukan, jangan sungkan. Karena itu bakalan jadi ilmu buat saya.

Mulailah dengar part pertama dari album ini, Mothology. Alunan Instrumen yang sangat harmonis tanpa ada growl dari sang mpunya saja sudah bisa membawa kita berhalusinasi sekilas ke dunia alam bawah sadar. Komposisi album ini memang sempurna, setelah nikmat dengan instrumen, Gestures langsung membuat kepala ini susah untuk berhenti bergerak. Cadas.

Gendats Keparats. Ini adalah judul favorit saya di album Mothology. Suri yang hanya terdiri dari tiga orang segan ini, memang para keparats yang bakalan melahap habis apapun yang menurut mereka lezat. Haha. Didit Bremi, Rito Sini dan Gandung harus kalian tanya tentang dimanakah tempat makanan enak berada. Tetapi secara semantik, Gendats Keparats ini bercerita tentang apa yah? Maaf harus didenger lagi sepertinya nih. Haha skip. Atau kalian Tanya langsung saja sama mereka yah.

Dan dua lagu yang saya ceritakan tadi merupakan komposisi dengan tempo sedikit berbeda dibanding lagu mereka yang lain. Seperti Good friends pada track selanjutnya. Bercerita tentang apa ini juga yah? Aduh terlalu tinggi saya nih, jadi tidak ada yang bisa saya bahas dari sisi lirik. Damn.

Saya akan memberikan list lagu mereka saja sampai akhir kalau begini. Karena saya harus  mengatur ketinggian. Ether 2.0, coba kalian dengar bagian lead guitar pada bagian reff. Resapi dan beritahu otak kanan kalian tentang betapa indahnya nada itu.  Disambut Waterloo yang membuat rasa tinggi dikepala kembali terhentakan dengan bit-bit dalam tempo lambat yang keparats. Belum lagi habis mengatur ketinggian ini, 00:30, Adagium dan Larry bakalan membuat kita terus menambah lagi dan lagi apapun yang membuat tinggi.

Sebenarnya masih banyak cerita tentang album ini, tetapi akan saya buat dalam tulisan saya selanjutnya, tentang bagaimana album ini bisa ada dan release. Sekilas infonya adalah album ini dibuat dalam keadaan sadar dan tanpa zat jahat sedikitpun. Gila kan?

Mothology memang album yang patut dan layak dimiliki bagi kalian para metalhead di seluruh Indonesia. Ini adalah album stoner rock terbaik dan terkeparats saat ini. Dan pesan saya bagi yang belum dan akan membeli Mothology, siapkan mental kalian, buka otak kiri dan kanan, siapkan semua kebutuhan otak itu dan ‘atur ketinggian’. Hell Yeah.

*Negrijuana : Mengambil dari RAJASINGA

cukup, 150312

@supercukup

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s