Rindu SORE di Minggu Malam


Photo by Rolling Stone Indonesia

Photo by Rolling Stone Indonesia

Gembira tiada tara! Itulah yang bisa saya ungkapkan soal konser SORE Minggu malam lalu, 5 Mei 2013, di Rolling Stone Cafe. Rasanya seperti sedang mendapat kejutan supermewah. Seperti sedang diberi hadiah ulang tahun. Dan saya merasakan lagi uporia sampai saat ini. Konser rindu pembawa bahagia.

Memang, saya harus mengakui bahwa SORE adalah salah satu musisi terbaik di Indonesia dengan versi lirik dan musik yang sangat cerdas. Itu versi saya. Tidak pedulilah dengan kondisi terbaru band ini yang di dalamnya sudah tidak ada lagi Ramondo Gascaro dan Dono Firman. SORE tetaplah SORE dengan segala harmonisasi nada indah yang tercipta.
Masih terlintas dalam benak, saat terakhir kali saya menikmati band ini live, dengan posisi tumit jinjit dan ruangan ekstra sempit disebuah ruang exhibition, di sekitaran Panglima Polim, Blok M. Tepatnya pada tanggal 2 April 2010, SORE meluncurkan mini-album Sombreros Kiddos dan mengumumkan “ini adalah gigs terakhir kami.”

Saat itu, saya pribadi sempat kecewa dengan keputusan SORE yang tidak akan manggung lagi. Walaupun sebenarnya masih ada beberapa colongan konser pada tahun-tahun berikutnya, seperti saat live di RadioShow TVOne dan beberapa private party yang infonya terdengar oleh saya.

Photo by Rolling Stone Indonesia

Photo by Rolling Stone Indonesia

Tapi, akhirnya semua itu ‘terbayar lunas’, setelah mereka mengadakan konsernya Minggu malam. Sekitar 1000 orang yang sangat rindu dengan SORE, memperlihatkan wajah-wajah gembiranya. Semua yang datang, bernyanyi dengan lantang tanpa malu, mengikuti irama dari setiap lagu dan berteriak bersama saat judul lagu diumumkan sebelum dimainkan. Dan saya jadi ingat juga wajah-wajah gembira seperti malam tadi, pernah saya temui pada konser Morrissey, 2012 lalu.

Dalam konsernya, SORE menunjukkan mengapa mereka layak ditunggu setelah vakum merilis karya selama kurang lebih dua setengah tahun. Malam itu, SORE memberikan salah satu penampilan terbaiknya, dengan setlist yang disusun dari album kompilasi mereka yang baru saja dirilis, Sorealist. Sekitar dua jam, kita semua yang rindu SORE benar-benar terhibur, walaupun saya lupa setlist mereka tapi ya biarlah, intinya semua bahagia. Cheers.

070513 DPF

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s