Tulus Yang Jenius


Entah dari mana foto ini

Entah dari mana foto ini

Baru kali ini saya mendengarkan Tulus secara serius. Ternyata jenius!

Beberapa bulan terakhir ini, hampir setiap hari saya melihat banyak wanita histeris mengagungkan nama Tulus. Nama ini benar-benar merenggut hati wanita seutuhnya. Luar biasa.

AADT. Ada apa dengan tulus? Wanita tidak butuh waktu 12 tahun untuk tahu tentang tulus. Eh!

Bayangkan, hampir disetiap sudut coffee shop, ratusan ribu earphone di telinga, sampai sekelas pasar pun memutar lagu seperti Sepatu, Gajah dan Jangan Cintai Aku Apa Adanya.

Dengan semakin hits-nya lagu-lagu dari Tulus ini, saya malah jadi enggan mendengarkannya. Saya memang biasa melakukannya. Dan hal ini juga terjadi disaat awal Peterpan muncul jadi idola, saya tidak mau seenaknya mendengar albumnya. Tapi, setelah 3 album berlalu, barulah saya mulai mendengarkan. Hasilnya pun, pecah.

Kenapa saya selalu melakukan hal ini? Yap, itu karena saya ingin mendapatkan sesuatu yang tidak biasa. WOW Effect. Briliant. Cerdas. Easy Listening. Juara. Hal-hal ini selalu saya dapatkan saat mendengarkan album berkualitas secara mundur.

Kembali ke Tulus.

Mengusung pop jazz yang tidak biasa, tulus berhasil menggabungkan lirik keseharian menjadi sebuah alunan nada yang jenius ditelinga. Pemilihan diksi pada setiap nada, aransemen musik dan gaya bernyanyi seperti berbicara merupakan produk original dari Tulus.

Saat ini, saya masih mendengarkan album ke dua Tulus yang bertajuk ‘Gajah’. Album cerdas nan damai di telinga ini mampu membuat saya memutuskan untuk membeli albumnya.

Tombol play klik, lagu ‘Baru’ langsung menyambut telinga saya. Dan sedap. Lagu bergaya motown ini asik sekali didengar pagi hari sambil menghadapi emosi jalan raya ibu kota. Liriknya berisi tentang perubahan hidup seseorang yang sudah menjadi pribadi yang baru.

Komposisi yang sangat ciamik nan ringan pada lagu Bumerang membuat saya ingin terus mendengarkan keseluruhan albumnya. Judul-judul lain dari setiap lagu Tulus pada album ini bisa dibilang mencerahkan dunia permusikan di Indonesia. Fresh!

Tulus yang memiliki nama lengkap Muhammad Tulus Rusyidi merupakan pedatang baru dalam ranah permusikan Indonesia. Walaupun baru, Tulus berhasil meramu warna lama dengan gaya baru. Hal ini  benar-benar bisa mewakili perasaan anak muda dalam hal irama unik. Tak heran fenomena Tulus dengan cepat mewabah.

Bagi kalian yang masih meragukan musisi yang satu ini, sebaiknya segera dengarkan satu lagu saja, setelah itu silakan lahap habis albumnya dan curahkan unek-unek tentang albumnya pada blog masing-masing. Cheers.

Jalurkanan

30122014

3 thoughts on “Tulus Yang Jenius

  1. KananJaya says:

    Sekitar 2 bulan lalu lihat Tulus ikut kuis Berpacu Dalam Melodi di Net TV. Waktu itu si David menyatakan bahwa lagu Gajah bagus. Gw gak penasaran samasekali. Wajah Tulus memang setulus wajahnya. Dia orang jujur. Gw baru dengerin lagu Gajah (ini lagu pertama dari dia yg gw dengerin) setelah loe posting di fb. Ga sabar ingin dengerin produk dia lainnya🙂 Thanks Bung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s