Social Media Tidak Berguna atau Tidak Maksimal


marketing

brandanew co/biar keren aja ada image gini

Sambari di temani album lama dari Sheila on 7, mari mulai menulis apa adanya.

Pada suatu hari, ada satu sahabat saya menuliskan distatusnya tentang social media yang saat ini menurutnya kurang efisien untuk sebuah brand.

Menurut saya ini adalah sebuah statement yang sangat berani sekali. Dan saya sangat memahami kenapa sahabat saya menuliskan hal tersebut.

Ada banyak faktor mungkin yang membuat dia menuliskan hal tersebut. Bisa jadi dikarenakan kurang maksimalnya sales dari social media tempat dia bermain. Atau mungkin juga dengan sejumlah budget promo yang sudah dikeluarkan tidak berbanding lurus dengan income.

Sangat wajar akhirnya menuliskan hal tersebut.

Tetapi bagi saya yang baru sekitar 6 tahunan menjadi praktisi social media, dari mulai digital agency, berada di sebuah brand besar (Kalbe dengan 11 brand yang saya handle) sampai akhirnya nyebur langsung di penjualan online, hal di atas menurut saya kurang asoi.

Kenapa kurang asoi?

  1. Mungkin saja sahabat saya tidak menjalankan sebuah campaign besar yang terarah atau memang tidak ada campaign
  2. Mungkin juga karena tidak menjalankan strategi berdasarkan data insight dari semua platform yang digunakan
  3. Mungkin juga karena tidak memanfaatkan ads yang ada
  4. Mungkin juga karena tim digital yang kurang mumpuni
  5. Intinya adalah kurang fokus dalam pemanfaatan digital platform-nya
  6. Eh, ada satu lagi, mungkin juga bos nya tidak mendukung apa yang ingin dilakukan anak buahnya. heee

Bagi sebagian orang yang memang sudah mendapatkan penghasilan besar dari dunia digital, hal ini pasti bakal menjadi bahan celoteh santai sambil ngopi sore hari.

Dan bagi praktisi yang sudah memasuki tahap penggunaan kata scale up, hal-hal lembut sampai ekstrim pasti sudah dilahapnya. Jadi, mungkin tahap sahabat saya ini masih ada di tengah. Tapi sudahlah, saya sangat paham sisi cerdas dan pintarnya beliau secara offline.

Social media dan era digital saat ini sampai kira-kira 10 tahun kedepan bagi saya adalah ruang kreatif yang harus dimanfaatkan semaksimal mungkin. Gunakan, kreatifkan, konsistenkan, dan panenkan!

Kita ambil contoh; brand Brodo yang sejak awal 2011 saya perhatikan iklan-iklannya. Saat ini mereka sudah mencapai tahap panen. Dan malah mulai membangun took-toko offline-nya. Brodo sangat paham memanfaatkan setiap platform. Coba cek sendiri via browser tentang treatment mereka di setiap digital assets, dari mulai Instagram, FB, Twitter, Blog, snapchat, dll.

Ada juga brand fashion Maternal Disaster yang saat ini sedang ngebut-ngebutnya jualan via Instagram. Brand yang fokus di path kalangan metalhead Indonesia ini sangat berhasil menari di niche yang tepat. Jumlah awareness dan engagement dari kasat mata di timeline sudah bisa menjelaskan bagaimana mereka berhasil menari.

Masih sangat banyak lagi brand-brand yang kita anggap kecil, tapi sebenarnya memiliki omset ratusan juta bahkan milyaran dari platform digital mereka. Jadi, Intinya mereka sangat paham dengan apa yang sedang mereka mainkan. Kreatifitas dengan totalitas.

Kalau saja setiap brand ini mau memberikan data insight, kita pasti akan dibuat terperanga. Kalau saya sih sudah biasa melongo saat setiap hari masuk ke jasa pengiriman JNE di sore hari. Banyak sekali penjual-penjual online yang pengirimannya bukan perpiece lagi, tapi karungan.

Saya sengaja tidak membahas hal teknis, karena bakal sangat panjang dan memusingkan. Saya juga masih belajar dan terus belajar sampai saat ini. Heee

Pesan saya, jika sudah bermain di ranah ini, fokuslah, kreatiflah, konsistenlah, ikhtiarlah, semangatlah dan panenlah! Sudah ya sekian. Kalau ada yang mau dibahas, mari kita bahas bersama, supaya ilmu kita bertambah bersama. Nazdravi

Jalurkanan, 17022016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s